PROFIL


SMK NEGERI 1 PUJER

PROGRAM STUDI KEAHLIAN TEKNIK OTOMOTIF

KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

I. Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya

II. Visi dan Misi SMK NEGERI 1 PUJER

Visi.

Menjadi SMK Yang melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan di Bidang keahlian Teknik Mekanik Otomotif.

Misi.

Memberikan layanan Diklat untuk menghasilkan tamatan yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME , mampu bersaing untuk mengisi lapangan kerja maupun mandiri, kreatif, inovatif, dan produktif di bidang keahlian Teknik Mekanik Otomotif serta memberikan layanan jasa bagi masyarakat.

III. Tujuan SMK NEGERI 1 PUJER

1. Mempersiapkan tamatan yang memiliki kepribadian dan berakhlak mulia sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang kompeten sesuai program keahlian pilihannya

2. Membekali peserta didik untuk berkarir, mandiri yang mampu beradaptasi dilingkungan kerja sesuai bidangnya dan mampu menghadapi perubahan yang terjadi di masyarakat.

3. Membekali peserta didik sikap profesional untuk mengembangkan diri dan mampu berkompetisi di tingkat nasional, regional dan internasional.

IV. Tujuan Program Keahlian Mekanik otomotif

Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

1. Perawatan dan perbaikan Motor Otomotip.

2. Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga.

3. Perawatan dan perbaikan Chasis dan suspensi Otomotif

4. Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif.

V. Standar Kompetensi

A. Standar Kompetensi Lulusan SMK

1. Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

2. Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya

3. Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

4. Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

5. Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

6. Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

7. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

8. Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

9. Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik

10. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

11. Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial

12. Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

13. Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

14. Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

15. Mengapresiasi karya seni dan budaya

16. Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

17. Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

18. Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun

19. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

20. Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

21. Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis

22. Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

23. Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya

B. Stándar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran

1. Pendidikan Agama Islam

a) Memahami ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan fungsi manusia sebagai khalifah, demokrasi serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

b) Meningkatkan keimanan kepada Allah sampai Qadha dan Qadar melalui pemahaman terhadap sifat dan Asmaul Husna

c) Berperilaku terpuji seperti husnuzzhan, taubat dan raza dan meninggalkan perilaku tercela seperti isyrof, tabdzir dan fitnah

d) Memahami sumber hukum Islam dan hukum taklifi serta menjelaskan hukum muamalah dan hukum keluarga dalam Islam

e) Memahami sejarah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah serta perkembangan Islam di Indonsia dan di dunia

2. Pendidikan Agama Kristen

a) Mewujudkan nilai-nilai kristiani dalam pergaulan antar pribadi dan kehidupan sosial

b) Merespon berbagai bentuk kehidupan modern, perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi, dengan mengacu pada ajaran Kristen

c) Bertanggung jawab sebagai orang Kristen dalam kehidupan gereja, masyarakat dan bangsa

d) Menyampaikan berita damai dan menjadi pembawa damai sejahtera

3. Pendidikan Agama Katolik

a) Peserta didik dapat menguraikan pemahaman tentang pribadinya sebagai pria dan wanita serta sebagai Citra Allah yang memiliki akal budi untuk berpikir kritis serta memiliki suara hati dan kehendak yang bebas untuk bertindak secara bertanggung jawab.

b) Peserta didik menguraikan pemahaman tentang pribadi Yesus Kristus yang diwartakan oleh Kitab Suci dan diajarkan oleh Gereja dan bagaimana upaya nyata meneladani dalam hidup sehari-hari.

c) Peserta didik dapat menguraikan pemahaman makna Gereja, fungsi dan sifat-sifatnya serta hubungannya dengan dunia dan bagaimana menghayati dalam hidup bergereja.

d) Peserta didik menguraikan fungsi Gereja yaitu melanjutkan perutusan Yesus untuk mewartakan Kerajaan Allah dan melibatkan diri dalam perutusan itu untuk memperjuangkan martabat dan hak asasi manusia dengan menegakkan nilai-nilai Kerajaan Allah, antara lain: keadilan, kejujuran dan keutuhan lingkungan hidup

4. . Pendidikan Agama Hindu

a) Memahami Atman sebagai sumber hidup, Hukum Karma dan Punarbhawa, dan ajaran Moksa sebagai tujuan tertinggi

b) Memahami sifat-sifat Tri Guna dan Dasa Mala, ajaran Tat Twam Asi, Catur Warna, Catur Asrama, dan Catur Purusartha

c) Memahami tata cara persembahyangan, pelaksanaan Yadnya dalam kehidupan, dan perkawinan menurut Hindu (Wiwaha)

d) Memahami pokok-pokok ajaran Weda (Weda Sruti dan Smerti) sebagai sumber hukum Hindu

e) Memahami struktur, hakikat dan pelestarian kesucian tempat suci

f) Memahami perhitungan hari-hari suci menurut Hindu

g) Memahami kepemimpinan menurut Niti Sastra dan hakekatnya

h) Memahami proses penciptaan dan pralaya alam semesta

i) Memahami nilai-nilai budaya Dharma Gita, seni keagamaan Hindu dan sejarah perkembangan agama Hindu di India dan negara lainnya

5. . Pendidikan Agama Buddha

a) Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tri Ratna dengan mengetahui fungsi serta terefleksi dalam moralitas (sila), meditasi (samadhi), dan kebijaksanaan (panna)

b) Memiliki kemampuan untuk memahami dan meyakini hukum alam

c) Membaca Paritta dan Dhammapada serta mengerti artinya

d) Beribadah (kebaktian) dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan masing-masing aliran

e) Meneladani sifat, sikap dan kepribadian Buddha, Bodhisattva, dan para siswa utama Buddha

f) Memiliki kemampuan dasar berpikir logis, kritis, dan kreatif untuk memecahkan masalah

g) Memahami sejarah kehidupan Buddha Gotama

h) Memahami peran agama dalam kehidupan sehari-hari

i) Memiliki bekal pengetahuan dan kemampuan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi

6. . Pendidikan Kewarganegaraan

a) Memahami hakekat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

b) Menganalisis sikap positif terhadap penegakan hukum, peradilan nasional, dan tindakan anti korupsi

c) Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalam pemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Indonesia maupun di luar negeri

d) Menganalisis peran dan hak warganegara dan sistem pemerintahan NKRI

e) Menganalisis budaya politik demokrasi, konstitusi , kedaulatan negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia

f) Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional

g) Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945

h) Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional, dan kerja sama global lainnya

i) Menganalisis sistem hukum internasional, timbulnya konflik internasional, dan mahkamah internasional

7. Bahasa Inggris

Level Novice

a) Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

b) Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

c) Membaca

Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

d) Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Level Elementary

a) Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

b) Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

c) Membaca

Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

d) Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan pekerjaan

Level Intermediate

a) Mendengarkan

Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk mendengarkan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

b) Berbicara

Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

c) Membaca

Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyimak permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

d) Menulis

Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk menyampaikan secara tertulis permintaan dan perintah yang berkaitan dengan keprofesian

8. Bahasa Indonesia

Tingkat Semenjana

a) Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

b) Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

c) Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

d) Menulis

Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

Tingkat Madia

a) Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan pekerjaan

b) Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan pekerjaan

c) Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan

d) Menulis

Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan pekerjaan

Tingkat Unggul

a) Mendengarkan

Memahami wacana lisan dalam kegiatan penyampaian dan penerimaan informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

b) Berbicara

Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

c) Membaca

Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana tulis berupa teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

d) Menulis

Menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan penyampaian informasi dalam bentuk teks, grafik, dan tabel yang berkaitan dengan kegiatan ilmiah sederhana

9. Matematika

a) Memahami konsep operasi bilangan riil serta penerapannya dalam pemecahan masalah

b) Memahami konsep aproksimasi kesalahan serta penerapannya dalam pemecahan masalah

c) Memahami sistem persamaan linier, pertidaksamaan linier, dan persamaan kuadrat, serta penerapannya dalam pemecahan masalah

d) Memahami logika matematik dalam pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor serta penerapannya dalam pemecahan masalah

e) Memahami konsep matriks dan penerapannya dalam pemecahan masalah yang terkait dengan matriks

f) Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dan penerapannya dalam pemecahan masalah

g) Memahami konsep persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat dan penerapannya dalam pemecahan masalah

h) Memahami konsep barisan dan deret dan penerapannya dalam pemecahan masalah

i) Memahami konsep kedudukan, jarak, dan besar sudut dalam ruang dimensi dua dan penerapannya dalam pemecahan masalah

j) Memahami konsep vektor dan penerapannya dalam pemecahan masalah

k) Memahami konsep teori peluang dan penerapannya dalam pemecahan masalah

l) Memahami konsep statistik sederhana dan penerapannya dalam pemecahan masalah

m) Memahami konsep irisan kerucut dan penerapannya dalam pemecahan masalah

n) Memahami konsep limit fungsi dan turunan fungsi dan penerapannya dalam pemecahan masalah

o) Memahami konsep integral dan penerapannya dalam pemecahan masalah

p) Menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah

q) Menalar secara kritis dan mengembangkan aktivitas kreatif dalam memecahkan masalah serta mengkomunikasikan ide

r) Menerapkan Matematika sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

10. Ilmu Pengetahuan Alam

a) Mampu mengenali gejala-gejala alam melalui pengamatan langsung dan menafsirkannya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari

b) Mengenali berbagai jenis polusi dan dampaknya terhadap manusia dan lingkungan

c) Memiliki kesadaran dan mampu berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan ekosistem lingkungan dan sumber daya alam

d) Menerapkan IPA sebagai dasar penguasaan kompetensi produktif dan pengembangan diri

11. Fisika

a) Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung, tidak langsung, secara cermat, teliti, dan obyektif

b) Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, kekekalan energi, impuls, dan momentum

c) Memahami sifat mekanik bahan serta menentukan kekuatan bahan

d) Mendeskripsikan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor

e) Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah

f) Memahami konsep getaran, gelombang, dan bunyi serta penerapannya untuk pemecahan masalah

g) Menerapkan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai masalah

h) Menguasai konsep dasar Fisika yang mendukung secara langsung pencapaian kompetensi program keahliannya

i) Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mendukung penerapan kompetensi program keahliannya dalam kehidupan sehari-hari

j) Menerapkan konsep dasar Fisika untuk mengembangkan kemampuan program keahliannya pada tingkat yang lebih tinggi

12. Kimia

a) Memahami konsep materi dan perubahannya, fenomena reaksi kimia yang terkait dengan kinetika, kesetimbangan, kekekalan masa dan kekekalan energi

b) Memahami sifat berbagai larutan asam-basa, larutan koloid, larutan elektrolit-non elektrolit, termasuk cara pengukuran dan kegunaannya

c) Memahami konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam fenomena pembentukan energi listrik, korosi logam, dan pemisahan bahan (elektrolisis)

d) Memahami struktur molekul dan reaksi senyawa organik yang meliputi benzena dan turunannya, lemak, karbohidrat, protein, dan polimer serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

e) Meningkatkan kesadaran tentang terapan kimia yang dapat bermanfaat dan juga merugikan bagi individu, masyarakat, dan lingkungan serta menyadari pentingnya mengelola dan melestarikan lingkungan demi kesejahteraan masyarakat

f) Memahami konsep, prinsip, hukum, dan teori kimia serta saling keterkaitannya dan penerapannya untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi

g) Menggunakan pengetahuan dasar kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan memiliki kemampuan dasar kimia sebagai landasan dalam mengembangkan kompetensi di masing-masing bidang keahlian.

13. Ilmu Pengetahuan Sosial

a) Memahami konsep-konsep interaksi antarindividu serta interaksi dengan lingkungan masyarakat sekitar

b) Memahami proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat hingga terjadinya kebangkitan nasional

c) Memahami konsep kebutuhan manusia akan barang serta memahami proses-proses dasar ekonomi dalam rangka pemenuhan kebutuhan

d) Berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial ekonomi

e) Memiliki komitmen tinggi terhadap nilai-nilai sosial, budaya, dan kemanusiaan

f) Mampu berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional, dan global.

14. Seni Budaya

Seni Rupa

a) Memahami konsep seni rupa dan memahami pentingnya seni rupa dalam kehidupan

b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni rupa

Seni Musik

a) Memahami konsep seni musik dan memahami pentingnya seni musik dalam kehidupan

b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni musik

Seni Tari

a) Memahami konsep seni tari dan memahami pentingnya seni tari dalam kehidupan

b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap seni tari

Teater

a) Memahami konsep teater dan memahami pentingnya teater dalam kehidupan

b) Menunjukan sikap apresiatif terhadap teater

15. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

a) Mempraktekkan keterampilan permainan dan olahraga dengan menggunakan peraturan

b) Mempraktekkan rangkaian senam lantai dan irama serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

c) Mempraktekkan pengembangan mekanik sikap tubuh, kebugaran jasnani serta aktivitas lainnya

d) Mempraktekkan gerak ritmik yang meliputi senam pagi, senam aerobik, dan aktivitas lainnya

e) Mempraktekkan kegiatan dalam air seperti renang, permainan di air dan keselamatan di air

f) Mempraktekkan kegiatan-kegiatn di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar, mendaki gunung, dan lain-lain

g) Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan yang sehat, mengenal berbagai penyakit dan cara mencegahnya serta menghindari narkoba dan HIV

16. Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi

a) Mampu mengoperasikan komputer PC

b) Mampu mengoperasikan sistem operasi soft ware

c) Mampu menggunakan teknologi komputer untuk mengolah data, keperluan sehari-hari serta keperluan yang terkait dengan kebutuhan dunia kerja

d) Mampu mengoperasikan PC dalam suatu jaringan serta mengoperasikan web design

17. Kewirausahaan

a) Mampu mengidentifikasi kegiatan dan peluang usaha dalam kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan masyarakatnya

b) Menerapkan sikap dan perilaku wirausaha dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakatnya

c) Memahami sendi-sendi kepemimpinan dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari serta menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupannya

d) Mampu merencanakan sekaligus mengelola usaha kecil/mikro dalam bidangnya

18. Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Mekanik Otomotif

1. Memahami dasar – dasar mesin

2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam

3. Menjelaskan proses – proses mesin konversi energi

4. Menginterpretasikan gambar teknik

5. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja

6. Menggunakan alat – alat ukur ( measuring tools )

7. Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja

19. Kompetensi Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan

1. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara

2. Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan

3. Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya

4. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin

5. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel

6. Memeliharaan/servis engine dan komponen-komponen-nya

7. Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian

8. Memelihara transmisi

9. Memelihara unit final drive/gardan

10. Memperbaiki poros penggerak roda

11. Memperbaiki roda dan ban

12. Memperbaiki sistem rem

13. Memperbaiki sistem kemudi

14. Memperbaiki sistem suspensi

15. Memelihara baterai

16. Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan, pengaman dan kelengkapan tambahan

17. Memperbaiki sistem pengapian

18. Memperbaiki sistim starter dan pengisian

19. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner)

3 responses

  1. robby

    salam to pak ageng jelly………
    entar punya momongan dong…….

    September 12, 2011 at 4:33 am

  2. pak ageng isthe best.. n b. risa woww jadi pngen heheee

    November 20, 2012 at 7:16 pm

  3. pak nilainya tinggikan pak

    from: mohammad wahyudi X TKR

    November 20, 2012 at 7:19 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s