Archive for May 23, 2011

Guru itu ……..Multitalent


Guru itu ……..Multitalent.

Suatu hari, saya bertanya kepada anak didik saya
“Anak-anak, siapa yang mau jadi dokter?”
“Saya!” jawab mereka hampir serentak.
“Siapa yang mau jadi bos?”
“Saya!” jawab mereka langsung memenuhi ruangan.
“Siapa yang nanti kalau sudah besar mau jadi guru?”

HENING sejenak.

Masih tetap HENING.

“Siapa yang mau jadi guru?”tanyaku sekali lagi.

Anak-anak hanya saling melihat lalu yang terjadi adalah

mereka semua tertawa.

Ada yang SALAH dengan PERTANYAANKU?
Aku baru saja mengatakan APA ke anak-anak?!

Lama terdiam,………akhirnya aku sadar.
Anak-anak tidak ada yang berminat menjadikan guru sebagai cita-citanya.

Apakah Anda pernah mempunyai pikiran seperti anak-anak itu?

Saya pernah.

Apa hebatnya jadi guru?

Guru itu Hebat.

Coba Anda ingat lagi, Anda sewaktu dibangku sekolah. Sewaktu Anda mengikuti pelajaran dikelas. Dan Anda sedang duduk dikursi favorit Anda dan melihat guru Anda mengajar. Seorang profesor sedang melakukan tugasnya.

Waktu Anda mengerjakan soal yang super sulit dan Anda berkata dalam hati “Saya tidak bisa.” Seorang motivator datang dan berkata “Kamu bisa.”

Sewaktu orangtua Anda bingung tentang kenakalan Anda. Orang yang diajak berdiskusi pertama kali oleh orangtua Anda adalah guru Anda. Seorang psikolog anak sedang beraksi.

Semua ilmu tentang pengetahuan dan kehidupan Anda peroleh dari seorang Guru.
Semua keahlian dan ketrampilan Anda dapat dari tangan seorang Guru.
Semua kesempatan dan kesuksesan Anda dapat dari ketelatenan seorang Guru.

Guru itu …hebat.

Guru itu …..pintar.

Guru itu ……..Multitalent.